KREASSO (Kreatif Anak Sekolah Solo)

KREASSO adalah Kreatif Anak Sekolah Solo.

              

Merupakan event tahunan yang digagas Pemkot Surakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Surakarta.

KREASSO juga telah menjadi Promotional Event tahunan Kota Solo dan masuk menjadi salah satu Kalender Kegiatan Kebudayaan (Calendar of Cultural Event) Kota Solo.

              Event ini merupakan ajang aktifitas dan kreatifitas pelajar. Khususnya pelajar di Kota Solo. Sebagai penyelenggara, seluruhnya dilaksanakan pelajar dengan supervisi dari pihak Dinas dan Konsultan Event.

MISI KREASSO sendiri adalah Mempublikasikan Capaian Pendidikan.

Sedangkan VISI KREASSO adalah menjadi Etalasi Prestasi Sekolah.

Materi KREASSO ada 3, yakni

  1.    Expo
  2.    Workshop/Competition
  3.    Performing Art

Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010. Kemudian yang kedua pada tahun 2011 dan nanti pada tanggal 24-25-26 Juni 2012 bertepatan dengan Hari Minggu, Senin dan Selasa, merupakan penyelenggaraan yang ke 3.

Pada gelaran yang pertama, yakni 18-19-20 Juni 2010, KREASSO diperuntukkan bagi komunitas pelajar dan sekolah di Kota Solo. Saat itu tema yang diangkat adalah :

“Dari Pelajar Solo Untuk Semua Pelajar”.

  Sebagai embrio untuk keberlanjutan tahun-tahun berikutnya, format kegiatan masih cukup sederhana. Namun demikian, antusiasme masyarakat khususnya pelajar, sangat menggembirakan.

Berangkat dari kondisi penyelenggaraan pertama di atas, maka Walikota Solo, Bapak Ir H Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, menetapkan bahwa KREASSO digelar tiap tahun dengan eskalasi tiap tahun harus meningkat. Baik secara kualitas maupuN sebaran peserta.

Lantas pada KREASSO II, dengan format penyelenggaraan sama, yakni 3 hari berturut-turut, Panitia dapat menuntaskan tugas pada tanggal 19-20-21 Juni 2011. Seperti pada penyelenggaraan di tahun sebelumnya, area acara di Kawasan Pasar Triwindu, Ngarsopuro Solo, tiap hari selalu disesaki penonton.

Pada waktu itu yang kami undang adalah SMAN 2 Bandung, SMKI Kasihan, Bantul, Sleman dan SMA Katolik St Louise 2 Surabaya. Selain itu kami mengundang Delegasi dari Solo Raya (Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten dan Karanganyar). Seluruh delegasi luar Kota Solo tersebut tampil di panggung performing art.

Tema yang diangkat saat itu adalah :

“Green Product & Eco Culture”.

INTERNATIONAL EVENT

                  Nah, pada event tahun ke 2 itulah, sekali lagi Walikota Solo, Bapak Jokowi meneguhkan kekuatan KREASSO sebagai salah satu format kegiatan pelajar di luar sekolah yang memiliki prestise tersendiri. Dan sebagai konsekuensinya, Beliau meminta Panitia menggagas gelaran KREASSO III Tahun 2012 sebagai international event. Baik materi, peserta maupun sisi manajerial.

Menjawab permintaan Bapak Jokowi, maka  untuk gelaran kali ketiga tahun 2012, yang akan dilaksanakan pada Hari Minggu-Senin-Selasa, 24-25-26 Juni 2012, Panitia menetapkan mengundang 6 Delegasi Sekolah Nusantara dan 3 Delegasi Sekolah Internasional.

Untuk Delegasi Sekolah Nusantara masing-masing yang kami undang adalah SMAN 78 Jakarta, SMAN 3 Semarang, SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 3 Malang, SMAN 1 Denpasar dan SMAN 1 Makassar.

Khusus untuk format partisipasi Delegasi Sekolah Nusantara maupun Delegasi Sekolah Internasional, masih sama dengan penyelenggaraan terdahulu (KREASSO I & II), yakni tampil di PERFORMING ART.

Sementara untuk Delegasi Kota Solo, selain akan menampilkan gelaran Expo, Competition, juga akan bergabung dengan Delegasi Sekolah Nusantara dan Sekolah Internasional, mereka yang terpilih akan unjuk kebolehan di Panggung Seni.

Seperti juga di penyelenggaraan KREASSO I & II, acara sudah dimulai sejak pagi pada pukul 09.00 WIB dan baru berakhir malam hari, pada pukul 23.00 WIB.  Namun kali ini akan diramaikan dengan berbagai lomba sebagai rintisan realisasi misi dan visi KREASSO.

Tema yang kami gulirkan di KREASSO 2012 adalah :

“ STUDENT COMPETITION IN

GREEN PRODUCT, SIMPLE TECNOLOGY &  CREATIVE COMMUNITY”

                 Sebagai  data pelengkap dan referensi, kami sampaikan sekilas penyelenggaraan KREASSO II Tahun 2011, di blog kami :

rumahkreasso.wordpress.com

                Akhirnya, semoga apa yang sedang kami upayakan ini bermanfaat dan mendapat hidayah dari Tuhan Yang Maha Esa. Serta seluruh Delegasi Undangan, berkenan hadir.

Matur Nuwun

***


Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.